Tentang Kami

image

Pelacakan alumni adalah salah satu studi empiris yang diharapkan mampu menyediakan informasi hasil pendidikan di sebuah lembaga universitas. Informasi yang didapat kemudian dapat digunakan untuk pengembangan lebih lanjut dalam menjamin kualitas pendidikan. Dengan kegiatan pelacakan alumni ini, Universitas Brawijaya (UB) dapat memperoleh informasi dan umpan balik yang berkaitan dengan kekurangan pelaksanaan program studi dan penyediaan dasar-dasar pelaksanaan perencanaan di masa depan.

Untuk itu informasi keberhasilan profesionalisme (karier, status, pendapatan) para alumni dibutuhkan. Demikian pula informasi terhadap pengetahuan dan keahlian yang relevan (hubungan antara pengetahuan dan keahlian dengan kebutuhan kerja, ruang lingkup pekerjaan, posisi profesional). Para alumni diharapkan dapat memberikan evaluasi terhadap sistem pembelajaran dan kondisi yang mereka alami ketika mereka masih belajar di UB kemudian dikaitkan dengan dunia kerja yang mereka hadapi.

home Sejarah Visi&Misi Tujuan Struktur Proker SDM Prestasi

Sejarah

Unit tracer study pada dasarnya sudah dimulai sekitar 10 tahunan yang lalu, hanya saja proses pelaksanaan dan ruang lingkupnya masih dilakukan secara parsial per unit program studi maupun perfakultas untuk kebutuhan data mereka sendiri. Pada tahun 1999 universitas Brawijaya membuat sebuah kebijakan bahwa pelacakan lulusan terutama untuk jenjang strata 1, harus dilakukan oleh universitas brawijaya secara menyeluruh. Maka dibentuklah sebuah panitia adhoc yang masa kerjanya selama satu tahun, terdiri dari perwakilan fakultas dan lembaga terkait untuk melakukan pelacakan alumni universitas brawijaya.

Tema yang diambil dalam pelacakan lulusan ini disesuaikan dengan kebutuhan data universitas brawijaya pada saat itu. Panitia adhoc tersebut harus melaporkan hasilnya kepada Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya. Pada tahun 2013, terbitlah Surat Keputusan Rektor mengenai Tracer study Rektor No: 199/SK/2013, yang menyatakan bahwa pelacakan lulusan harus dilaksanakan oleh sebuah lembaga tersendiri mempunyai kewenangan dan tanggung jawab penuh untuk melakukan pelacakan lulusan Universitas Brawijaya. Lembaga tersebut adalah Job Placement Center dan Tracer Study yang disingkat menjadi JPC & TS.

Sejarah Visi&Misi Tujuan Struktur Proker SDM Prestasi

Visi&Misi

VISI :
Menjadi unit pelacakan dan data lulusan terbaik dalam mendukung Universitas Brawijaya menjadi universitas yang berstandar internasional.
MISI :
1. Melakukan pelacakan alumni pada lulusan UB untuk tingkat vokasi, strata 1, strata 2 dan strata 3 dengan metode dan kualitas yang baik dan benar.
2. Menjadi pusat data lulusan UB terlengkap
3. Memberikan masukan kepada UB untuk perbaikan proses belajar mengajar ke depannya
Sejarah Visi&Misi Tujuan Struktur Proker SDM Prestasi

Tujuan

Kegiatan tracer study ini mempunyai tujuan untuk memperoleh umpan balik dari para alumni yang bisa dikategorikan dalam tujuan akademik dan non-akademik. Untuk tujuan akademik, umpan balik yang berasal dari para alumni tersebut dapat dipergunakan untuk memperbaiki sistem dan isi pembelajaran di internal UB.Sedangkan untuk tujuan non akademik, umpan balik dari para alumni diharapkan agar UB mampu melakukan evaluasi serta pengembangan kurikulum, serta keperluan infrastruktur yang sesuai dengan tujuan pendidikan dalam rangka memenuhi harapan para pemangku kepentingan dan kebutuhan pasar.

Sejarah Visi&Misi Tujuan Struktur Proker SDM Prestasi

Sumber Daya Manusia

Ketua : Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Suyadi, MS
Kepala Bagian : Pujiono, SH
Kepala Sub Bagian : Deny Agustiningsih, SH
Kepala Unit JPC: Nia Kurniawan, S.Si, MP, D.Sc
Kepala Unit Tracer Study : Agung Sugeng Widodo, ST, Ph.D
Staf : 1. Etty Carolina, STP
  2. Meshia Offisinira, STP
  3. Friza Amarantha, SE
  4. Dewi Wulan Putriana, SE,Ak
  5. Siska Novianti, A.Md
  6. Aulia Dyanrosi, S.AB
  7. Farah Dillah, STP
Sejarah Visi&Misi Tujuan Struktur Proker SDM Prestasi

Fasilitas

Tracer Study Universitas Brawijaya melaksanakan pelacakan alumni Universitas Brawijaya setiap tahun. Target alumni yang di survey adalah alumni 3 tahun sebelumnya. Alumni Universitas Brawijaya pada tahun tersebut dapat berpartisipasi dalam survey ini dengan tujuan informasi yang didapat dari alumni dapat digunakan untuk pengembangan lebih lanjut dalam menjamin kualitas pendidikan di Universitas Brawijaya.
Tata Cara Pengisian Kuesioner :
1. Alumni login pada halaman Kuesioner. Isikan username dan password. Jika Anda belum mendapatkan username dan password silahkan hubungi kami melalui email : tracerstudyub@ub.ac.id atau melalui telepon : (0341) 583787.
2. Isi kuesiner yang telah disediakan.
3. Setelah Anda selesai mengisi form kuesioner, silahkan klik tombol Submit/Kirim.
4. Selanjutnya jika Anda benar-benar selesai mengisi kuesioner silahkan klik tombol selesai dan keluar.

Beranda

Login Alumni

Tujuan dari pelacakan alumni ini dilakukan untuk memperoleh informasi dan keberadaan alumni UB baik dalam masa transisi maupun ketika sudah memasuki dunia kerja. Hasil dari survey ini akan menjadi umpan balik yang sangat berguna bagi UB untuk pengembangan kedepannya. Oleh karena itu, kami mohon kesediaan pada alumni yang terhormat untuk dapat mengisi kuisioner ini.

Username
Password
 

 

 

Beranda

Kontak Kami


Job Placement Center dan Tracer Study
Universitas Brawijaya
Jl. Veteran Malang Telp. 0341 583787 Fax. 0341 575453
Telp. 0341 551611 Pes. 130
Email: tracerstudyub@ub.ac.id
Beranda